Jumat, 01 Februari 2013

Kandang ayam kampung yang baik


Pembuatan kandang ayam kampung yang baik akan membuat hasil ternak ayam kampung kita menjadi optimal. Berbicara tentang kandang ayam, berbeda kandang akan berbeda pula cara pemeliharaan, keunggulan dan kekurangan. Begitu pula berdasarkan usia ayam. Baik itu usia baru lahir sampai siap panen pun berbeda pula. Kandang ayam kampung yang baik ini meliputi beberapa aspek yang harus dicermati oleh peternak ayam kampung. Beberapa aspek yang harus dicermati yaitu :

1. Biaya
Perkandangan memerlukan modal besar ke-2 setelah pakan. Pembuatan kandang ayam yang baik tidak harus menggunakan bahan yang mahal namun kuat dan dapat menjaga kehidupan dari si ayam kampung tersebut. Banyak bahan yang dipakai untuk menekan biaya pembuatan kandang ayam. Salah satunya menggunakan media bambu, strimin, dan bahan lain yang ringan, murah, kuat. Diperkirakan untuk biaya kandang ini adalah dengan biaya seminimal mungkin.

2. Kegunaan/fungsi
Setiap model kandang memiliki kelemahan dan kegunaan masing-masing. Kegunaan tersebut masih dibagi-bagi menjadi beberapa tergantung umur si ayam. Misalkan kita membuat kandang untuk sistem ren dan postal litter, keunggulan dan kelemahan juga berbeda-beda.

3. Keamanan
Kandang ayam kampung yang baik harus membuat ayam merasa aman dan nyaman. Usahakan suhu dalam kandang ayam kampung memenuhi kebutuhan ayam. Kandang yang lembab, terlalu panas, dan kurang aman, akan menyebabkan pemangsa akan masuk ke kandang. Seperti halnya ular, ular akan masuk ke kandang jika suhu dalam kandang rendah, atau lembab. Kandang yang dekat dengan sawah pun bisa dimasuki musang dan pemangsa lain. Tidak hanya pemangsa, kita tahu bahwa di jaman sekarang masih ada dan bahkan banyak tangan-tangan usil yang mengambil ternak ayam kita. Tips dari saya adalah buat pagar yang mengelilingi kandang.

4. Kualitas
Dalam pembuatan kandang kualitas kandang dan bahan dicari dengan bahan yang murah namun memiliki kualitas seperti kuat, tahan lama, dan mampu menjaga ayam. Arahkan kandang menghadap sinar matahari.

5. Jangka waktu
Jangka waktu penggantian kandang juga diperkirakan. Kita tahu bahwa kandang tidak selamanya awet. Saat pembuatan kandang, harus diperkirakan masa penggantian. Dengan begitu kita akan memprediksi jumlah biaya dan waktu yang akan dikeluarkan saat pergantian tersebut.

6. Lokasi/Tempat
Lokasi dan tempat mempengaruhi hasil ternak. Kondisi kandang yang dekat jalan raya akan membuat ayam stress. Maka dari itu kita memilih tempat untuk kandang yang tenang dan bebas dari keramaian. Usahakan kandang ayam berjarak 10 meter dari pemukiman. Tempat kandang ayam berada di lahan yang sejuk, kalau bisa terhalang oleh bangunan. Ini dimaksudkan agar ternak tidak terkena angin langsung. Lokasi kandang berada di tempat yang kering dan tidak lembab. Jika lembab akan mudah sekali terkena penyakit.

7. Sumber daya
Sumber daya di sini maksudnya adalah membuat kandang yang dekat dengan sumber air, sumber pakan, dan bahkan kalau bisa dekat dengan pemasaran hasil panen. Saya membuat kandang ayam yang dekat dengan pasar tradisional. Dengan begitu keuntungan akan berlipat-lipat.

8. Pencahayaan
Ternyata dengan pencahayaan kurang dapat menghambat pertumbuhan ayam. Solusinya arahkan ke timur tepat mengarah pada sinar matahari langsung pada pagi hari (wilayah Jawa dan sekitarnya) dengan tujuan dapat menghambat penyakit dengan penyinaran sinar ultra violet.

Untuk kandang ayam seperti di atas adalah kandang untuk petelur dan memang sangat sederhana. Tetapi bagi kami masih terdapat kekurangan yakni penggunaan bahan terlalu mahal dan tidak ada penutup dinding pada malam hari. Karena pada dasarnya untuk pembesaran ayam kampung pedaging adalah :

1. Lebih efisien jika ayam berada di tanah
2. Cahaya pagi bisa masuk secara langsung dan mengenai ayam (tujuannya adalah ayam lebih    sehat)
3. Pada malam hari harus di tutup pada bagian dinding dengan bahan kedap udara (plastik, terpal dll)
4. Penggunaan kandang diharapkan mudah dikontrol dan mudah dibersihkan

Dengan memperhatikan aspek-aspek di atas tentu kandang ayam kampung kita akan mudah kita kelola.

sumber : www.ternakayamkampung.com

1 komentar: